KLIK KULINER

Ayam Goreng, Ayam Penyet dan Ayam Geprek, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Kuliner ayam dengan berbagai jenis masakannya ternyata banyak digenari baik anak dan dewasa. Mu;ai dari ayam KFC, Ayam Goreng Kalasan , Ayam Penyet dan Ayam Geprek dan berbagai varian lain kuliner nasional maupun internasonal. Ayam mempunyai berbagai kandungan gizi yang sangat baik dan manfaat kesehatan yang tinggi.

  • Ayam goreng adalah hidangan yang dibuat dari daging ayam dicampur tepung bumbu yang digoreng dalam minyak goreng panas. Beberapa rumah makan siap saji secara khusus menghidangkan ayam goreng, misalnya Kentucky Fried Chicken. Sementara itu beberapa rumah makan di Indonesia juga menghidangkan ayam goreng tradisional Indonesia seperti Ayam Goreng Suharti, Fatmawati dan Mbok Berek.
  • Ayam geprek adalah makanan ayam goreng tepung khas Indonesia yang diulek atau dilumatkan bersama sambal bajak. Kini ayam geprek telah menjadi hidangan populer yang dapat ditemukan di hampir semua kota besar di Indonesia, tetapi asal mula ayam geprek berasal dari kota Yogyakarta. Geprek adalah istilah dalam Bahasa Jawa yang berarti “dipukul”, “ditekan”, atau “dilumatkan”, maka ayam geprek berarti “ayam yang dipukul Hidangan ini mirip dengan masakan Jawa tradisional ayam penyet, karena keduanya adalah sama-sama ayam goreng yang dipukul dan ditekan dengan menggunakan ulekan dan dicampur dengan sambal. Perbedaannya adalah, ayam penyet adalah ayam goreng tradisional Jawa yang diungkep dengan bumbu kuning, kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas. Sementara ayam geprek lebih mirip dengan ayam goreng gaya barat (lazim disebut fried chicken Amerika), yakni ayam goreng tepung yang renyah yang dilapisi dengan adonan tepung terigu sebelum digoreng.
  • Ayam geprek menjadi fenomena populer, seiring dengan banyaknya gerai yang menyajikan makanan ini di Indonesia pada tahun 2017. Asal mula ayam geprek bermula di kota Yogyakarta, hasil kreasi Ruminah atau dikenal sebagai Bu Rum. Pada tahun 2003, Bu Rum diminta oleh pelanggannya untuk menambahkan sambal ulek di atas ayam goreng tepungnya.Hidangan ayam goreng tepung yang dilumat bercampur sambal ini menjadi populer, kemudian banyak restoran lain yang meniru hidangan ini, dan menjadi kian populer di seluruh Indonesia.Ayam geprek biasanya hanya disajikan dengan sambal dan nasi putih. Akan tetapi kini terdapat variasi baru yang menambahkan keju mozzarella dan kol goreng
  • Ayam penyet adalah hidangan ayam goreng Indonesia, khususnya Jawa, yang terdiri dari ayam goreng yang diulek memakai ilekan untuk melembutkannya, disajikan dengan sambal, potongan-potongan timun, tahu goreng dan tempe. Varian ayam penyet paling populer adalah ayam penyet Suroboy
BACA  FAKTOR YANG MEPENGARUHI INDEKS GLIKEMIK PANGAN

Daging Ayam, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

  • Tinggi Protein. Jika Anda sedang mencari sumber besar lemak, protein rendah lemak, burung ini adalah kata. Protein dalam ayam cocok untuk pertumbuhan otot dan pengembangan, dan membantu mendukung berat badan yang sehat dan membantu penurunan berat badan.
  • Anti-depresan Natural Ayam dan sejenis seperti unggas kalkun, tinggi dalam asam amino yang disebut triptofan, yang memberi Anda perasaan nyaman setelah mengkonsumsi semangkuk besar sup ayam ibu. Bahkan, jika Anda merasa tertekan, makan beberapa unggas akan meningkatkan kadar serotonin di otak Anda, meningkatkan mood Anda, peledakan stres, dan lulling Anda tidur.
  • Mencegah Osteoporosis. Konsumsi ayam dapat mencegah kehilangan masa tulang. hal ini secara langsung dapat mencegah kekeroposan tulang atau osteoporosis
  • Kaya Fosfor. Ayam juga kaya fosfor, mineral penting yang mendukung gigi dan tulang, serta ginjal, hati, dan fungsi sistem saraf pusat.
  • Kaya Selenium. Ayam kaya akan kandungan mineral selenium, mineral penting yang terlibat dalam metabolisme kinerja-kata tiroid lainnya, hormon, metabolisme, dan fungsi kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan metabolisme. Vitamin B6 atau B-kompleks vitamin yag terkandungn dalam daging ayam dapat meningkatkan fungsi enzim dan reaksi seluler metabolik (proses Metilasi), yang akan menjaga pembuluh darah yang sehat, tingkat energi yang tinggi, dan metabolisme membakar kalori sehingga Anda dapat mengelola berat badan yang sehat dan tingkat aktivitas.
  • Kaya Niacin.  Ayam juga kaya niacin, salah satu zat tertentu dalam vitamin B yang berfungsi mencegah kanker dan bentuk lain dari kerusakan genetik (DNA)
  • Meningkatkan Kesehatan Mata. Ayam yang tinggi retinol, alpha dan beta-karoten, dan likopen, semua berasal dari vitamin A, dan semua penting untuk fungsi penglihatan mata yang sehat.
  • Penting untuk Pertumbuhan Jaringan kulit yang Sehat. Gangguan jaringan kulit meliputin bibir pecah-pecah, mulut retak, luka lidah, atau kulit kering di musim dingin. Kandungan riboflavin (atau Vitamin B2) dalam asupan makanan, yang banyak ditemukan di hati ayam, akan secara drastis mengurangi masalah kulit Anda dan memperbaiki kulit kering atau rusak.

Kandungan Gizi Daging ayam

  • Daging Ayam mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Protein yang terdapat di dalam daging ayam berupa asam amino. Asam amino sendiri berfungsi untuk membangun otot di dalam tubuh. Kemudian, di dalam 100 gram daging ayam terdapat kandungan 18 gram protein. Selain itu, daging ayam juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak. Kandungan tersebut dapat melengkapi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
  • Daging Ayam adalah bahan makanan hewani unggas-unggasan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Daging Ayam mengandung energi sebesar 302 kilokalori, protein 18,2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 25 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Daging Ayam juga terkandung vitamin A sebanyak 810 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daging Ayam, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %.
  • Vitamin dalam daging ayam terdiri dari beberapa jenis, ada vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan menajamkan pengelihatan. Vitamin B berperan untuk mengatasi dan mencegah katarak, menjaga sistem kekebalan tubuh, sistem pencernaan, sistem saraf, serta dapat mengatasi gangguan jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi. Vitamin D berperan untuk membantu penyerapan kalsium serta menguatkan dan menyehatkan tulang.
  • Kandungan mineral di dalam daging ayam terdiri dari zat besi dan fosfor yang berfungsi untuk mencegah anemia, menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi serta dapat memperlacar sistem metabolisme tubuh.
BACA  30 Jenis Kuliner Korea Yang terkenal dan Paling Nikmat

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Daging Ayam :

Nama Bahan Makanan : Daging Ayam
Nama Lain / Alternatif : Ayam
Banyaknya Daging Ayam yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daging Ayam yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 58 %
Jumlah Kandungan Energi Daging Ayam = 302 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daging Ayam = 18,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daging Ayam = 25 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daging Ayam = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daging Ayam = 14 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daging Ayam = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daging Ayam = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daging Ayam = 810 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daging Ayam = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daging Ayam = 0 mg
Khasiat / Manfaat Daging Ayam : – (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : D
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Hasil Riset / Penelitian Lainnya Yang Berhubungan Dengan Daging Ayam :

Nama Bahan Makanan : Daging Ayam Sukabumi
Banyaknya Daging Ayam Sukabumi yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daging Ayam Sukabumi yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Daging Ayam Sukabumi = 244 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daging Ayam Sukabumi = 36,7 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daging Ayam Sukabumi = 9,2 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daging Ayam Sukabumi = 1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daging Ayam Sukabumi = 81 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daging Ayam Sukabumi = 154 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daging Ayam Sukabumi = 6,1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daging Ayam Sukabumi = 65 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daging Ayam Sukabumi = 0,66 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daging Ayam Sukabumi = 0 mg

Nama Bahan Makanan : Daging Ayam Pasundan
Banyaknya Daging Ayam Pasundan yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Daging Ayam Pasundan yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Daging Ayam Pasundan = 246 kkal
Jumlah Kandungan Protein Daging Ayam Pasundan = 37,9 gr
Jumlah Kandungan Lemak Daging Ayam Pasundan = 9 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Daging Ayam Pasundan = 0,7 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Daging Ayam Pasundan = 90 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Daging Ayam Pasundan = 260 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Daging Ayam Pasundan = 7,5 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Daging Ayam Pasundan = 20 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daging Ayam Pasundan = 0,16 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Daging Ayam Pasundan = 0 mg

BACA  Sawi, Kandungan Gizi Tinggi dan Manfaat Kesehatan Yang Luar Biasa

Keterangan :

  • Penelitian pada Daging Ayam yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *