KLIK KULINER

Daftar 50 Masakan Padang Paling Favorit

Masakan Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala jenis masakan yang berasal dari kawasan Minangkabau, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Semua jenis masakan ini lebih populer dengan sebutan masakan Padang. Meskipun sesungguhnya berbagai resep masakan Sumatra Barat mayoritas tidak berasal dari kota Padang, misalnya kota Bukittinggi, Solok,Padang Pariaman, Payakumbuh, dan sebagainya juga dikenal memiliki tradisi kuliner yang kaya. Rumah makan Padang atau rumah makan urang awak adalah sebutan untuk usaha rumah makan yang khusus menyajikan masakan Padang di luar daerah.

Kuliner tradisional di Indonesia sangat banyak ragamnya, mulai dari aneka racikan nasi, sagu, lontong yang menjadi makanan wajib orang Indonesia, hingga ragam jajajnan pasar, kue, sayur dan lauk pauk, hingga aneka minuman. Dengan banyaknya jenis kuliner tersebut, industri kuliner menjadi salah satu industri yang berkembang saat ini, seiring dengan berkembangnya pariwisata dalam negeri. Banyaknya ragam kuliner Indonesia mengakibatkan sulitnya mendefinisikan mana yang termasuk makanan khas Indonesia. Kuliner tradisional tersebut terdiri dari kuliner pusaka, tradisi dan unggulan, mulai dari makanan pembuka, hingga penutup.

Kuliner tradisional  Indonesia khususnya kuliner Sumatra Barat atau Padang juga banyak dikenal di seluruh Indonesia bahkan dunia. Kuliner tadisional Sumatra Barat selain rasanya khas biasanya bahan baku harus mudah diperoleh, baik di dalam maupun luar negeri, yang kedua kuliner tersebut telah dikenal oleh masyarakat luas, serta ada pelaku profesional praktisi kuliner tersebut.

Penentuan lokasi tempat usaha bagi rumah makan masakan padang merupakan langkah utama untuk menentukan dapat sukses atau tidak usaha ini. Pada umumnya manajemen rumah makan Padang dikelola oleh keluarga atau kaum kerabat sekampung. Pengelola rumah makan Padang banyak menganut falsafah Minang yang demokratis, seperti berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, hal ini terlihat dari pembagian keuntungan yang dibagikan setiap seratus hari kerja, dengan sistem bagi hasil berdasarkan indeks prestasi. Cara seperti ini, akan mendorong karyawan untuk berprestasi, mereka akan berusaha melayani tamu sebaik-baiknya agar tamu mau datang kembali. Sistem bagi hasil seperti ini menjadikan karyawan merasa ikut memiliki perusahaan. Untuk memahami pengelolaan rumah makan, setiap karyawan harus melewati proses pengkaderan lengkap khas rumah makan. Biasanya karier mereka dimulai dari pencuci piring, kemudian meningkat sebagai penyiap makanan, pelayan tamu, kasir, hingga menjadi manajer.

BACA  Pengalaman Penderita Kejang, Epilepsi dan Alergi Makanan

Pelayan rumah makan Padang kebanyakannya pria. Pelayan rumah makan Padang mempunyai keunikan dalam menyajikan hidangan. Mereka akan membawa sejumlah piring hidangan secara sekaligus dengan bertingkat-tingkat/bertumpuk-tumpuk dengan kedua belah atau sebelah tangan saja tanpa jatuh. Hal ini merupakan atraksi yang cukup menarik bagi para pengunjungnya. Kemudian semua piring-piring kecil yang berisikan hidangan ini disajikan kepada tamu. Tamu bisa mengambil makanan yang ia sukai dan hanya membayar makanan yang diambil. Jika sudah selesai makan, pelayan akan memeriksa hidangan apa saja yang telah dimakan oleh tamu. Cara penyajian yang unik ini berbeda dengan kebanyakan restoran lainnya. Umumnya jika tamu masuk ia akan disodori menu dan akan memesan makanan dari menu tersebut.

Jaringan
Jaringan rumah makan Padang berkembang dari Sumatra ke Jawa dan Bali. Di Bali ada sekitar 100 rumah makan Padang. Data lain dari Ikatan Warung Padang Indonesia (Iwapin) mencatat, di wilayah Jakarta dan sekitarnya ada sekitar 20.000 rumah makan Padang. Bahkan ada yang di luar negeri.

Menu

Berbagai sajian lauk Nasi Kapau, masakan Minangkabau Bukittinggi.
Masakan Padang termasuk jenis masakan yang dapat dihidangkan kapan pun[6]. Rumah makan Padang menawarkan keanekaragaman jenis masakan seperti rendang, gulai tunjang, gulai gajebo, soto Padang, dendeng balado, ayam pop, dan gulai kepala ikan kakap disertai Samba Lado (dikenal sebagai Sambal Balado di daerah jawa). Banyak rumah makan Padang yang masih mengimpor bahan dari ranah Minang, misalnya mendatangkan ikan bilis asli dari Sumatra Barat. Pengelola rumah makan Padang juga mempertahankan keaslian rasa masakan Minang dengan menggunakan juru masak yang berasal dari Sumatra Barat. Atau setidaknya mereka meminta bantuan orang dari Sumatra Barat untuk menjaga kualitas dan cita rasa masakan.

BACA  Kenali Gangguan Alergi dan Hipersensitifitas Saluran Cerna Pada Bayi dan Dampak Yang Menyertai

Beberapa pengelola rumah makan perlu mempertimbangkan kemampuan lidah konsumen di luar komunitas Minang, apalagi orang asing, misalnya mengurangi tingkat kepedasan.Dari beberapa jenis masakan Minang yang di sebutkan di atas, masakan lainnya seperti Ayam dan Itik lado ijau, baluik lado ijau (belut goreng cabe hijau), samba lado pukek, samba lado tanak, tidak kalah populernya dan juga diminati banyak orang. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke restoran-restoran Minang untuk mecoba kelezatan masakan Minangkabau.

50 Daftar Makanan Padang Paling favorit

  1. Rendang
  2. Ayam pop
  3. Sate Padang
  4. Dendeng balado
  5. Nasi Kapau
  6. Dendeng batokok
  7. Gulai kambiang
  8. Ketan durian
  9. Bika
  10. Bubur Kampiun
  11. Soto Padang
  12. Cindua
  13. Lamang
  14. Cokelat rendang
  15. Sate Pariaman
  16. Gajebo
  17. Galamai
  18. Ketan sarikaya
  19. Gulai banak
  20. Balado bawal
  21. Kerupuk jangek
  22. Belut goreng
  23. Beras rendang
  24. Bika Siana
  25. Gulai cubadak
  26. Gulai itiak
  27. Ale-ale
  28. Asam pedas
  29. Gulai kemumu
  30. Gulai paku
  31. Ikan balado
  32. Karak kaliang
  33. Keripik sanjai
  34. Kerupuk jariang
  35. Lamang tapai
  36. Lapek bugih
  37. Lontong pitalah
  38. Martabak Mesir
  39. Gulai pucuak ubi
  40. Sagon bakar
  41. Sambalado tanak
  42. Gulai tambusu
  43. Gulai toco
  44. Palai bada
  45. Palai rinuak
  46. Pangek masin
  47. Pensi
  48. Pinyaram
  49. Rakik maco
  50. Sarang balam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *