KLIK KULINER

10 Kuliner Hidangan Perancis Yang Nikmat Luar Biasa

Makanan khas Perancis mempunyai cita rasa yang khas serta cara penyajian yang menarik. Sehingga bukan hanya memanjakan lidah tapi juga memanjakan mata. Masakan Prancis (Cuisine française) adalah jenis masakan yang berasal dari negara Prancis dan berbagai negara lain yang mendapat pengaruh budaya Prancis. Masakan Prancis yang terus berevolusi bersamaan dengan perubahan sosial dan politik dipandang sebagai jenis kuliner yang elegan, penuh warna, kadang-kadang kedaerahan. Selain itu, juga telah dikenal akan kelezatannya dan merupakan golongan kuliner yang rumit dan menantang untuk dikuasai.

Masakan Prancis sangat beragam, dan hampir menyamai variasi masakan Cina. Hal ini disebabkan oleh kegemaran rakyat Prancis menyantap masakan yang lezat serta menyajikannya dengan cara yang menarik. Keragaman ini juga disebabkan oleh keadaan geografi dan iklim yang memengaruhi produksi berbagai jenis bahan makanan, serta juga sejarah Prancis yang panjang. Dikatakan bahwa dengan mempelajari masakan Prancis berarti juga memahami Prancis itu sendiri. Karena keanekaragamannya, masakan Prancis mendapat penghargaan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO pada tanggal 16 November 2010 di Nairobi, Kenya. Hal ini disambut hangat oleh Perdana Menteri François Fillon yang menyatakan bahwa hal itu merupakan pertama kalinya masakan suatu bangsa dijadikan sebagai warisan dunia.

10 Kuliner Hidangan Perancis Yang Nikmat Luar Biasa

  1. Beef Burguignon Makan Perancis paling lezat dan terkenal ini berbahan dasar masakan adalah daging sapi. Tentunya daging sapi yang digunakan adalah daging berkualitas tinggi dan memiliki tekstur lembut. Cara memasak beef burguignon cukup unik. Daging direbus di dalam anggur merah dengan waktu yang lama sehingga membuat cita rasanya khas serta berkesan mewah. Dibumbui dengan aneka rempah, bawang merah, bawang putih, dan jamur. Kuliner yang satu ini harus anda coba.
  2. Foie Gras Foie Gras merupakan makanan tertua di Eropa. Foie Gras telah dikonsumsi oleh raja-raja pada abad pertengahan. Bahan dasarnya menggunakan hati angsa yang dibuat pasta. Bisa disajikan dengan berbagai cara, baik digoreng, dipanggang, atau dibakar bersama saus khas Perancis. Makanan ini biasanya dijual di restoran bintang lima. Rasanya gurih dan lezat. Dan semakin menarik dengan cara penyajian artistik khas Perancis. Untuk bisa menikmati makanan satu ini, anda harus siap membayar dengan harga yang cukup mahal.
  3. Coq Au Vin Makanan ini berbahan dasar  kaki ayam. Coq Au Vin merupakan bahasa Perancis yang artinya ayam jantan di wine. Cara memasaknya, kaki ayam direbus dalam waktu yang lama di dalam anggur merah. Karena itu tekstur dagingnya lembut dengan bumbu yang meresap. Pada penyajiannya, makanan khas Perancis ini juga dilengkapi dengan irisan jamur serta bumbu khas Perancis. Coq Au Vin selain populer karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut, cara masaknya pun mudah. Karena itu menu ini menjadi hidangan populer di kalangan ibu rumah tangga. Sekali mencobanya akan membuat anda ingin kembali memakannya di lain kesempatan.
  4. Escargot. Bahan dasar makan nikmat ini adalah  siput alias bekicot, sesuai dengan nama escargot yang berarti siput / bekicot. Mungkin beberapa orang merasa aneh, namun bekicot ini jika diolah dengan tepat akan menghasilkan masakan yang lezat seperti masakan Perancis yang satu ini. Untuk membuat escargot, daging bekicot diberi campuran bawang putih dan mentega. Hampir di semua restoran Perancis anda bisa menemukan masakan ini di dalam daftar menunya.
  5. Cassoulet Cassoulet adalah perpaduan antara kacang putih dan sosis yang dimasak jadi satu. Mirip dengan sup namun kuahnya jauh lebih kental. Makanan ini mengandung lemak yang sangat tinggi sehingga bisa membuat anda kenyang setelah memakannya. Waktu yang paling pas untuk menyantap cassoulet adalah saat musim dingin. Saat ini cassoulet sudah banyak dikreasikan di dunia dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah.
  6. Confit de Canard Masakan gurih dan nikmat ini berbahan dasar daging bebek, maka masakan satu ini wajib dicoba. Untuk memasaknya, kaki bebek dimatangkan dulu selama 36 jam. Tak heran jika teksturnya empuk dan lembut di mulut. Semakin nikmat karena dibumbui dengan bawang putih, garam, dan thyme. Daging bebek tersebut bisa disajikan dengan cara digoreng maupun dipanggang.
  7. Croissant  Croissant merupakan salah satu jenis kuliner khas negara Perancis yang mendunia. Kita sering menemukannya di berbagai bakery. Croissant termasuk dalam jenis roti. Roti ini diklaim menjadi salah satu yang paling enak di dunia. Bentuk roti sesuai dengan arti namanya Croissant = “bulan sabit”. Croissant dibuat dalam berbagai varian rasa, mulai dari keju, almond, juga coklat. Croisssant khas Perancis memiliki aroma khas dan rasa mentega yang amat kuat yang membedakannya dengan croissant yang dijual di negara lainnya. Roti lezat ini paling pas jika disandingkan dengan segelas teh atau kopi.
  8. Crepes Crepes bisa jadi menu utama atau menu penutup. Itu karena isian dari Crepes bervariasi. Aneka pilihan isian diantaranya telur, ham, keju, cokelat, hingga es krim. Penyajiannya menyerupai panekuk tipis yang dilipat dengan isian di dalamnya.
  9. Soupe a l’oignon Sejak tahun 1960 makanan ini telah dikenal di dunia internasional. Jika masuk ke restoran Perancis, anda pasti akan menemukan makanan lezat ini. Masakan ini telah berhasil menjadi menu favorit internasional. Soupe a l’oignon merupakan sup bawang Perancis dengan nilai gizi yang tinggi. Cara membuatnya adalah dengan merebus kuah kaldu sapi kental dicampur dengan potongan bawang putih. Kemudian disajikan dengan daging ayam yang disuir serta parutan keju di atasnya.
  10. Creme Brulee Creme brulee adalah pilihan makanan penutup paling favorit. Jenis dessert ini terbuat dari campuran susu, buah-buahan, serta vanilla yang dimasak dalam oven. Rasanya manis dengan tekstur lembut dan sensasi segar buah-buahan. Anda tidak akan merasa kecewa mencicipinya sebagai hidangan penutup makan anda.
BACA  Ternyata Alergi Makanan Bisa Sebabkan Migren dan Sakit Kepala

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *