KLIK KULINER

24 Kuliner China Kanton Yang Legendaris dan Luarbiasa Nikmat

Masakan Kantonis adalah masakan berasal dari wilayah Guangdong (Kanton) di selatan Tiongkok dan merupakan salah satu dari Delapan Tradisi masakan Tiongkok. Masakan Kantonis sangat terkenal di luar negeri Tiongkok karena banyak sekali imigran awal yang keluar dari Guangdong. Koki Kanton sangat dicari-cari di seluruh Tiongkok.[2] Ketika orang Barat menyebut masakan Tionghoa, mereka biasanya mengacu pada masakan Kantonis.

Guangdong sejak dahulu kala merupakan sebuah pelabuhan perdagangan, maka banyak makanan dan bahan yang diimpor digunakan dalam masakan Kantonis. Selain daging babi, sapi dan ayam, masakan Kantonis menerapkan hampir semua daging yang dapat dimakan, termasuk bagian dalam, kaki ayam, lidah bebek, ular, dan siput babi. Namun, daging kambing sangat jarang dimakan, tidak seperti masakan di utara atau barat Tiongkok. Banyak metode memasak yang digunakan, terutama sekali kukus dan tumis yang paling mudah dan cepat, di samping juga goreng dangkal, kukus ganda, tumis didihkan, dan goreng rendam.

Bagi kebanyakan koki Kantonis tradisional, hidangan yang siap harus seimbang dan tidak berminyak perisanya. Selain itu, bumbu harus digunakan secara sederhana sehingga tidak mengatasi rasa ramuan utama yang seharusnya mencapai puncak kesegaran dan kualitasnya. Herba segar tidak digunakan secara luas dalam masakan Kantonis, kecuali daun kucai dan ketumbar jika dibandingkan dengan masakan-masakan lain seperti Sichuan, Eropa maupun Thai. Akan tetapi, ketumbar sekadar dijadikan hisan.

Masakan China adalah kuliner yang dihasilkan oleh orang China, baik yang ada di Tiongkok, maupun yang ada di perantauan, termasuk di Indonesia. Istilah masakan Tionghoa di Tiongkok daratan juga mengacu kepada variasi dari seluruh suku bangsa, agama dan tradisi yang berkembang di negara tersebut. Namun, masakan Tionghoa yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia mayoritas merupakan masakan etnis Han. Pengaruh masakan etnis Han ada di setiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia.

BACA  Resep Rahasia Leluhur: Dimsum Ayam Jamur, Dimsum Paling Favorit

Penyiapan masakan China untuk sehari-hari dapat singkat dan mudah, tetapi untuk acara formal bisa menjadi hidangan yang beragam dan meriah. Filosofi masakan Tionghoa adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, betapapun sederhana bahan-bahannya.

24 Kuliner China Kanton Yang Legendaris dan Luarbiasa Nikmat

Pinyin
Abalone yang direbus 燜 鮑魚 焖 鲍鱼 mèn bàoyú
Es serut 刨冰 刨冰 páobīng
Keceriaan daging sapi 乾炒 牛 河 干炒 牛 河 gānchǎo niúhé
Sup sarang burung walet 燕窩 燕窝 yànwō
Sup wijen hitam 芝麻 糊 芝麻 糊 zhīmahú
Sup seafood Kanton 海皇 羹 海皇 羹 hǎihuáng gēng
Char siu 叉燒 叉烧 chāshāo
Ayam Goreng Renyah 炸 子雞 炸 子鸡 zházǐjī
Bebek dengan talas 陳皮 芋頭 鴨 陈皮 芋头 鸭 chénpí yùtóuyā
Guilinggao 龜苓膏 龟苓膏 guīlínggāo
Nasi wajan kecil 煲仔飯 煲仔饭 bāozǎifàn
Sup kacang merah 紅豆 沙 红豆 沙 hóngdòushā
Timun laut 海參 海参 hishēn
Makanan laut dengan sarang burung 海鲜 雀巢 海鲜 雀巢 hǎixiān quècháo
Sup sirip hiu 魚翅 湯 鱼翅 汤 yúchì tāng
Sup jamur salju 銀耳 湯 银耳 汤 yín’ěr tāng
Asam iga 生 炒 排骨 生 炒 排骨 shēngchǎo páigǔ
Cadangan sup iga dengan selada air dan biji aprikot 南北杏 西洋菜 豬 骨湯 南北杏 西洋菜 猪 骨汤 nánběixìng xīyángcài zhūgǔ tāng
Ayam potong putih 白切雞 白切鸡 báiqièjī
Sup melon musim dingin 冬瓜 湯 冬瓜 汤 dōngguā tāng
Mie pangsit 雲吞 麵 云吞 面 yúntūnmiàn
Nasi goreng Yeung Chow 揚州 炒飯 扬州 炒饭 Yángzhōu chǎofàn
Youtiao 油條 油条 yóutiáo [2]
Zhaliang 炸 兩 炸 两 zháliǎng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *