KLIK KULINER

30 Kuliner Makanan Ringan Korea Yang Paling Direkomendasikan

Masakan Korea adalah makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan cara memasak orang Korea. Mulai dari kuliner istana yang aneh sampai makanan khas daerah serta perpaduan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan serta cara penyiapannya yang sangat berbeda. Banyak sekali makanan Korea yang sudah mendunia. Masakan korea yang dijabarkan berbeda dengan kuliner istana, yang sampai saat ini juga dinikmati sebagian besar masyarakat Korea.

Masakan Korea sebagian besar berbahan beras, mi, tahu, sayuran dan daging. Makanan tradisional Korea dikenal dengan makanan sampingan yaitu banchan yang dimakan dengan nasi putih dan sup atau kaldu. Setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.

Kimchi adalah makanan fermentasi yang berasal dari sayuran, utamanya sawi, lobak dan Metimun. Setidaknya ada satu jenis kimchi yang disajikan sebagai banchan sepanjang tahun. Kimchi juga adalah bahan dasar utama dalam berbagai resep masakan Korea.

Makanan Korea biasanya dibumbui dengan minyak wijen, doenjang, kecap, garam, bawang putih, jahe dan saus cabai (gochujang). Masyarakat Korea adalah konsumen bawang putih terbesar sedunia di atas Cina, Thailand, Jepang, serta negara-negara Laut Tengah seperti Spanyol, Italia dan Yunani.

Makanan Korea berbeda setiap musimnya. Selama musim dingin, biasanya makanan tradisional yang dikonsumsi adalah kimchi dan berbagai sayuran yang diasinkan di dalam gentong besar yang disimpan di bawah tanah di luar rumah. Persiapan pembuatan masakan Korea biasanya sangat membutuhkan kerja sama.

Makanan tradisional istana, yang dahulu hanya dinikmati oleh keluarga kerajaan Dinasti Joseon, memerlukan waktu berjam-jam untuk pembuatannya. Makanan istana memiliki harmonisasi yang menampilkan kontras dari karakter panas dan dingin, pedas dan tawar, keras dan lembut, padat dan cair, serta keseimbangan warna.

Makanan istana seperti ini beberapa di antaranya dapat mencapai harga ₩240.000 (sekitar USD 265) per orang termasuk minuman juga layanan oleh pelayan eksklusif. Restoran yang menyediakan makanan istana terdapat banyak di kota Seoul. Sejak meledaknya popularitas drama Daejanggeum, semakin banyak pula masyarakat yang menyukai makanan istana.

BACA  8 KEHEBATAN KANDUNGAN GIZI SUSU SAPI FORMULA

Setiap daerah di Korea memiliki masakan khas yang bervariasi menurut musim. Kuliner daerah ini dinamakan “hyangto eumsik” (masakan daerah). Beberapa jenis masakan daerah telah populer di seluruh negeri antara lain Bibimbap dari Jeonju, naengmyeon dari Pyongyang, dan Jeonbokjuk dari Jeju.

Di Korea, makanan ringan dijual di gerobak-gerobak pinggir jalan di siang dan malam hari. Pada malam hari pedagang makanan mendirikan tenda-tenda kecil yang menjual makanan ringan, minuman dan arak (soju). Jenis-jenis makanan ringan yang biasa dijual adalah patbingsu, es krim di saat musim panas, gimbap,  teokbokki,  hotteok, eomuk, bungeoppang,  dan  sebagainya.

30 Kuliner Makanan Ringan Korea Yang Paling Direkomendasikan

  1. Gimbap Nasi gulung Gimbap Gimbap (nasi rumput laut) sangat mudah dibuat. Terbuat dari nasi yang dibalut rumput laut kering (Kim), isinya bervariasi dari sayur-sayuran, telur goreng, ikan, daging, sosis, dan biji-bijian. Variasi isi gimbap lainnya: tuna, keju, bulgogi dan sebagainya.
  2. Buchimgae/Jeon Buchimgae atau Jeon adalah jenis kudapan yang dibuat dari kimchi atau makanan laut yang dicampur dengan adonan tepung dan digoreng menjadi seperti pancake. Variasi:
  3. Pajeon: pancake yang terbuat dari campuran telur, tepung, bawang bombai, dan kerang.
  4. Bindaetteok: pancake yang terbuat dari campuran kacang hijau, bawang bombai, dan kimchi.
  5. Mineojeon, dibuat dengan burung yg menggaok
  6. Daegujeon, dibuat dengan ikan kod Pasifik
  7. Guljeon, dibuat dengan tiram
  8. Yeongeunjeon, dibuat dengan akar teratai
  9. Dubujeon dibuat dengan tofu
  10. Pyogojeon, dibuat dengan jamur shiitake dan daging sapi
  11. Bungeoppang ( “roti ikan mas”) adalah jenis kue panggang yang diisi dengan pasta kacang merah dengan cetakan berbentuk ikan.
  12. Gukwa-ppang hampir sejenis dengan bungeoppang, tetapi berbentuk bunga.
  13. Gyeran-ppang kue panggang yang berbentuk persegi/lingkaran. Jenis-jenis ppang ini biasa dijual di pedagang kaki lima.
  14. Ddeokbokki : kue beras yang direbus dengan saus pedas gochujang.
  15. Soondae : sosis khas Korea yang terbuat dari campuran nasi, darah sapi/babi, mie kentang, kecambah, bawang bombai, bawang putih.
  16. Ho-tteok: sejenis pancake, tetapi diisi dengan bahan sirup seperti gula merah, madu, kacang parut dan kayu manis. Hotteok biasa dijual pada saat musim dingin untuk menghangatkan tubuh.
  17. Beondegi: adalah kepompong ulat sutera dikukus atau direbus yang dimakan sebagai snack.
  18. Bungeoppang (붕어빵; “roti-ikan mas”) adalah nama Korea untuk Taiyaki, kue Jepang berbentuk ikan yang biasanya diisi dengan pasta kacang merah manis dan kemudian dipanggang dalam cetakan berbentuk ikan. bagian dalam yang sangat kenyal dan renyah di luar.(Lihat pula taiyaki.)
  19. Gukwa-ppanghampir sama dengan bungeoppang, tetapi berbentuk seperti bunga.
  20. Gyeran-ppang memiliki bentuk persegi panjang bulat telur dan berisi seluruh bagian dalam roti. Sering dijual oleh pedagang kaki lima.
  21. Anjuadalah istilah umum untuk makanan sampingan yang dikonsumsi bersama minuman beralkohol (soju). Biasanya disajikan di bar-bar, noraebang dan restoran-restoran yang menyajikan minuman keras. Cumi rebus dengan saus gochujang, dubu kimchi, odeng/ohmuk, gimbap, samgagimbap (onigiri khas Korea), sora, dan nakji (gurita kecil) adalah beberapa contoh makanan yang dihidangkan sebagai anju. Jenis anju lainnya adalah soondae, samgyeopsal, dan dwejigalbi. Sebagian besar makanan Korea disajikan sebagai anju, tetapi berbeda dengan banchan.
  22. Jokbal: kaki babi disajikan dengan saus udang merah asin yang disebut saeujeot.
  23. Tteok: kue yang terbuat dari tepung beras (metteok), nasi ketan yang ditumbuk, atau nasi ketan tanpa ditumbuk (yaksik). Tteok dapat disajikan dingin, diisi atau dilapisi dengan pasta kacang hijau manis, pasta kacang merah, kismis, biji wijen, kacang merah yang dihaluskan, labu, kacang atau madu.
  24. Songpyeon: kue beras lembut yang disajikan pada hari raya Chuseok (Festival Panen). Seongpyeon dapat berisi madu, manisan atau kacang merah.
  25. Yaksik kue yang dibuat dari beras manis, kacang chestnut, kacang cemara, dan jujube.
  26. Chapssaltteok : sama dengan mochi, yaitu variasi tteok yang diisi dengan pasta kacang manis.
  27. Hahngwa (: paket kue tradisional yang berisi kue-kue, tepung biji-bijian, madu, yeot, buah-buahan atau akar-akaran yang dapat dimakan.
  28. Yugwa : kue beras yang digoreng.
  29. Maejakgwa : kue berbentuk cincin yang terbuat dari campuran tepung, minyak sayur, kayu manis, jahe, jocheong dan kacang cemara.
  30. Yeot : permen khas yang dibuat dalam bentuk cairan atau padat, terbuat dari nasi, kaoliang, jagung, kentang manis atau campuran biji-bijian, lalu difermentasikan dan direbus di panci besar dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *