KLIK KULINER

Resep Rahasia Ayam Goreng KFC. Rasa Sangat Asli, Renyah dan Gurih

Ayam KFC adalah potongan-potongan ayam on-the-bone tekanan goreng yang dibumbui dengan “Resep Asli” Kolonel Harland Sanders dari 11 bumbu dan rempah-rempah. Produk biasanya tersedia dalam dua atau tiga porsi individual, atau dalam ember ukuran keluarga, biasanya menampung antara 6 dan 16 potong ayam.  Produk ini dilapisi tepung roti secara manual di outlet KFC individual dengan tepung terigu yang dicampur dengan bumbu dalam proses dua hingga empat menit. Kemudian digoreng bertekanan antara tujuh dan sepuluh menit (waktunya berbeda antar negara) dalam minyak pada 185 derajat Celcius. Setelah ini, ayam dibiarkan berdiri selama 5 menit agar cukup dingin sebelum ditempatkan dalam oven penghangat. Adalah kebijakan KFC untuk membuang ayam jika belum terjual dalam waktu 90 menit, untuk memastikan kesegaran. Minyak goreng bervariasi di setiap wilayah, dan versi yang digunakan meliputi bunga matahari, kedelai, minyak lobak dan minyak sawit. Seorang eksekutif KFC menyatakan bahwa rasa ayam akan bervariasi di setiap wilayah tergantung pada variasi minyak yang digunakan, dan apakah ayam tersebut diberi makan jagung atau diberi makan gandum.

KFC menyesuaikan menu secara internasional agar sesuai dengan selera regional, dan ada lebih dari tiga ratus item menu KFC di seluruh dunia. Beberapa lokasi, seperti Inggris dan AS, menjual ayam bakar. Di negara-negara mayoritas Islam, ayam yang disajikan adalah halal. Di Asia ada preferensi untuk makanan pedas, seperti sandwich ayam Zinger. Beberapa lokasi di AS menjual hati ayam dan ampela. Sejumlah kecil gerai di AS menawarkan pilihan prasmanan sepuasnya dengan menu terbatas.

RESEP RAHASIA AYAM GORENG KENTUCKY,

Bahan I

  • 800 sampai 1000 gram ayam bagian paha atau dada, potong sesuai selera.
  • 1 butir telur, yang ditambahkan dengan sedikit garam, kocok lepas.
  • 250 ml air es.
  • 1 sdt baking soda.
BACA  10 Kuliner Hidangan Perancis Yang Nikmat Luar Biasa

Bahan II

  • 10 siung bawang putih.
  • 1 sdt merica bubuk atau butiran.
  • 1 ruas jahe.
  • 2 blok kaldu ayam.
  • 1 sdt garam.
  • ½ sdt ketumbar.
  • 3 buah cabe merah.
  • 1 ruas kunyit.

Bahan III:

  • – – 150 gram maizena.
  • 1 sdt bubuk cabe merah (untuk mendapatkan rasa pedas).
  • Kaldu bubuk atau garam secukupnya.
  • 1 sdt bubuk basil.
  • 1 sdt bubuk oregano.
  • 1 sdt bubuk lada.

Cara Membuat 

  1. Aduk seluruh bahan ketiga yang telah disiapkan tadi. Aduk hingga tercampur dengan rata, kemudian sisihkan.
  2. Cuci bersih ayam kemudian campur dengan bahan-bahan kedua yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan ke kulkas semalaman agar bumbunya meresap.
  3. Bisa juga hanya disimpan dalam kulkas cukup dengan 3-5 jam saja.
  4. Siapkan untuk bahan celupannya. Caranya, air es yang ada dibahan pertama dicampur dengan 5 sdm campuran dari bahan yang ketiga. Tambahkan juga soda kue dari bahan pertama. Sisihkan atau simpan di kulkas dulu agar tetap dingin sehingga lebih menempel maksimal.
  5. Keluarkan ayam dari kulkas, tambahkan dengan kocokan telur di bahan yang pertama, dan aduk rata. Kemudian balurkan ayam pada tepung pelapis (bahan ketiga tadi), lalu kibas-kibas ayam, celup sebentar dalam air es, balurkan lagi dalam tepung pelapis sambil diremas-remas agar tepung menempel. Lakukan hal ini hingga adonan habis.
  6. Agar hasilnya renyah, saat melakukan penepungan ke bahan pelapis usahakan tepat di waktu sesaat mau masuk ke penggorengan berikutnya. Barulah proses remas. Dengan begitu ayam tepungnya tidak terlalu lama menunggu. Karena jika terlalu lama didiamkan hasilnya bisa menjadi keras.
  7. Goreng ayam dengan minyak yang banyak, goreng hingga matang kuning kecoklatan. Jangan terlalu sering untuk membolak-balikkan, agar tidak menyerap minyak.
  8. Kemudian digoreng bertekanan antara tujuh dan sepuluh menit (waktunya berbeda antar negara) dalam minyak pada 185 derajat Celcius. Setelah ini, ayam dibiarkan berdiri selama 5 menit agar cukup dingin sebelum ditempatkan dalam oven penghangat.
  9. Tekstur daging ayam di dalamnya bisa matang sempurna, asal waktu menggorengnya menggunakan teknik deep fry atau menggunakan banyak minyak dengan penggunaan api sedang cenderung kecil.
  10. Ayam goreng tepung yang renyah siap disajikan. Saat sudah matang, kamu bisa sajikan ayam goreng tepung ini dengan saus sambal atau saus tomat. Agar kerenyahan ayam goreng tepung lebih tahan lama, kamu bisa simpan ayam ke dalam wadah kedap udara.
BACA  Alergi Makanan Bisa Membuat Anak Mudah Sakit ?

Kesalahan Memasak Penyebab Tidak Renyah

  1. Tidak Meremas-remas Tepung Kesalahan yang paling sering terjadi saat membuat ayam goreng tepung adalah tidak meremas-remas adonan tepung ke ayam dengan jari tangan. Seharusnya, kamu perlu memasukkan ayam ke dalam air dingin atau putih telur. Kemudian ayam dilapisi dengan tepung kering. Pada bagian inilah yang menentukan ayam goreng tepung menjadi renyah atau tidak. Ya, kamu perlu meremas-remas ayam dengan adonan tepung menggunakan jari supaya menjadi keriting sempurna. Remas atau cubit dengan ujung jari agar keritingnya sempurna.
  2. Mendiamkan Ayam Terlalu lama Setelah ayam dibaluri dengan tepung, jangan mendiamkannya terlalu lama. Cara membuat ayam KFC seperti ini perlu diperhatikan. Kerap dianggap sepele, ternyata cara ini menjadi salah satu faktor yang membuat ayam goreng tepung kamu menjadi renyah. Pastikan untuk langsung menggoreng ayam yang sudah dibaluri dengan tepung agar tidak lengket atau berhimpitan dengan ayam lainnya.
  3. Mengaduk Ayam di Penggorengan Cara membuat ayam KFC agar renyah sempurna yang kerap diabaikan adalah terlalu sering membolak-balikkan ayam atau mengaduknya saat sedang digoreng. Ya, saat ayam tepung baru pertama kali masuk penggorengan, jangan langsung untuk mengaduknya. Hal ini akan membuat ayam goreng tepung menjadi hancur. Diamkan terlebih dahulu ayam di dalam minyak hingga tepungnya sudah mengeras. Setelah itu, boleh membolak-baliknya. Pastikan juga untuk menggunakan minyak yang banyak dan ayam terendam di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *