KLIK KULINER

10 Kuliner Mi Masakan Thailand Paling Favorit

Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas. Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India.

Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India. Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai. Masakan yang mulanya berasal dari Cina, misalnya: jok, kwetiau rad na, khao kha moo (moo pa-loh), bamii (mi kuah), dan khao mun gai

Bumbu dan rempah-rempah dipakai dalam keadaan segar (bukan rempah-rempah kering). Di antara bumbu-bumbu yang umum dalam masakan Thai adalah cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan (nam pla), jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi (kapi), gula jawa, dan asam jawa

Nama Thai Nama Indonesia Keterangan
1 Khanom chin sao nam Mi beras dingin yang dihidangkan sebagai sebagai selada dengan santan kental, nanas yang dicincang halus, cabe Thai cincang, udang kering tumbuk, jahe parut, air jeruk nipis dan kecap ikan.
2 Khanom Chin Nam Yaa Mi Thai nam ya Mi beras Thai yang disajikan dengan saus ikan yang disebut nam ya
3 Khanom chin sao nam bagian Pusat Mi beras dingin yang dihidangkan sebagai sebagai selada dengan santan kental, nanas yang dicincang halus, cabe Thai cincang, udang kering tumbuk, jahe parut, air jeruk nipis dan kecap ikan.
4 Khao soi Mi telur dalam kari ayam bagian Utara Mi gandum goreng kering (bami) dalam sup kari ayam manis.
5 Kuai tiao rat na Kwetiau dalam kuah daging bagian Pusat Kwetiau goreng dengan daging sapi, ayam atau hidangan laut dalam saus daging kental.
6 Kuai tiao ruea Mi perahu bagian Pusat Mi beras dengan daging sapi (kadang-kadang jeroannya) dalam kaldu warna cokelat yang berisi kulit manis, bunga lawang dan kadang-kadang darah. Hidangan ini dikenal berasa pedas dan asam.
7 Mi krop Mi goreng kering Bihun beras yang digoreng dengan saus asam manis.
8 Phat khi mao Kwetiau goreng pedas
9 Phat si-io Mi goreng kecap Biasanya kwetiau yang digoreng dengan ayam atau sapi, dan kecap.
10 Phat Thai Mi pad Thai Mi beras “tipis” (sen lek) digoreng dengan saus ikan, gula, air jeruk nipis atau bubur asam, kacang cincang, dan telur dikombinasikan dengan ayam, hidangan laut, atau tahu.
BACA  12 Kuliner Nasi Masakan Thaliand Yang Paling Favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *