KLIK KULINER

10 Tempat Rumah Makan Masakan Jepang Paling Favorit

Masakan Jepang (nihon ryōri, nippon ryōri) adalah makanan yang dimasak dengan cara memasak yang berkembang secara unik di Jepang dan menggunakan bahan makanan yang diambil dari wilayah Jepang dan sekitarnya. Dalam bahasa Jepang, makanan Jepang disebut nihonshoku atau washoku. Susyi, tempura, shabu-shabu, dan sukiyaki adalah makanan Jepang yang populer di luar Jepang, termasuk di Indonesia.

Masakan dan makanan Jepang tidak selalu harus berupa “makanan yang sudah dimakan orang Jepang secara turun temurun.” Makanan orang Jepang berbeda-beda menurut zaman, tingkat sosial, dan daerah tempat tinggal. Cara memasak masakan Jepang banyak meminjam cara memasak dari negara-negara Asia Timur dan negara-negara Barat. Di zaman sekarang, definisi makanan Jepang adalah semua makanan yang dimakan orang Jepang dan makanan tersebut bukan merupakan masakan asal negara lain.

10 Tempat Rumah Makan Masakan Jepang Paling Favorit

  1. Ippeke Komachi Restoran Jepang ini menyajikan hidangan sushi yang sangat nikmat dan luar biasa. Restoran yang terletak di Kelapa Gading ini menyajikan sushi pedas yang berupa salmon. Kapan lagi mencicipi sushi yang pedas.
  2. Daitokyo Sakaba Suasana yang disajikan di restoran Jepang ini sangat  terasa dengan  makan di bilik – bilik kayu dan sangat privasi. Selain itu, Anda juga bisa memanggang daging sendiri. Hal tersebut agar bisa sesuai dengan selera. Namun untuk mendapatkan rasa yang otentik Jepang, biarkan chef yang melakukannya. Untuk menu daging panggangnya diantaranya Roast Beef, Buta Bara, dan Negishiotan. Ketiganya merupakan menu yang paling favorit. Sebab rasanya yang empuk, juicy dan berbau khas. Untuk nasinya sendiri ada Yakitori Don. Nasi ini merupakan perpaduan nasi dengan kulit ayam, chicken drumstick dan hati ayam serta telur.
  3. Ichiro Ramen Market Restoran Jepang yang satu ini menyajikan berbagai macam menu ramen. Terletak di salah satu mall besar, yakni Aeon Mall di BSD, Ichiro Ramen Market memiliki cita rasanya yang tiada duanya. Pasalnya, ramen yang disajikan benar – benar lezat. Selain itu, ada juga banyak pilihan topping dan kuah. Bagi penyuka pedas, di sini disediakan berbagai tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan. Ada sekitar 10 jenis ramen yang dihidangkan di Ichiro Ramen Market. Hal lainnya yang unik di sini adalah Anda bisa merefill remennya.
  4. Hakata Ikkousha Hakata Ikkousha merupakan salah satu rekomendasi restoran Jepang di Jakarta berikutnya. Menu terbaik di restoran yang satu ini adalah ramen. Pasalnya, remen di sini sangat lezat dan bikin nagih. Adanya banyak rasa yang disediakan dengan bumbu – bumbu khas Indonesia. Sehingga cocok untuk lidah orang Indonesia. Terdapat menu soup, gyoza, bubur, hotplate dan masih banyak lagi. Bahkan untuk menjaga cita rasa dari makanan di sini, chefnya pun didatangkan langsung dari Jepang.
  5. Marufuku Restoran Jepang ini sudah buka sejak 20 tahun lamanya.  Marufuku menghadirkan tema konsep rumah makan Jepang yang kuat sehingga sering di gunakan oleh orang Jepang. Bukan hanya itu saja, saat memasuki restoran ini, pengunjung akan disambut dengan berbagai furnitur dari kayu dan bambu. Menu Jepang yang mereka sajikan hampir 300 jenis. Mulai dari ramen, berbagai varian sushi dan beberapa hidangan bakar, goreng atau kukus. Kepla chef Nunokawa yang sudah terkenal menghidangkan sushi dengan rasa yang sangat mirip. Menu andalan yang bisa Anda coba adalah Beef Saikoro Steak yang terbuat dari daging tanderlion Amerika. Kemudian digoreng menggunakan soya yakiniku di atas api yang besar. Rasanya tentu sangat juicy dan bumbunya terasa hingga ke dalam.
  6. Oku Bento Restoran Jepang yang  yang cukup mewah berlokasi di lantai dasar Hotel Indonesia kempinski Jakarta, Oku Bento menyediakan berbagai menu makanan khas Jepang dengan rasa yang luar biasa. Ada banyak pilihan menu yang bisa Anda harganya juga tergolong cukup mahal.
  7. Kaihomaru Restoran Jepang ini benar – benar menghadirkan suasana negeri sakura yang sangat kental. Pasalnya, bukan hanya dari masakan atau interiornya saja yang bernuansa Jepang, pengunjung hingga koki juga kebanyakan orang Jepang. Ada banyak pilihan menu yang bisa Anda pilih di sini. Ada sushi dengan rasa yang nikmat. Di samping itu, ada juga set menu yang bisa Anda pesan untuk berdua atau bersama keluarga. Walaupun sebenarnya untuk satu orang saja, namun karena porsi orang Jepang yang besar, maka makan sendiri tidak akan habis. Set menu andalan di sini adalah Umi mori yang bisa untuk berdua.
  8. Gokan Restoran Jepang ini merupakan salah satu yang menyajikan menu halal dengan cita rasa yang khas Indonesia. Sama halnya dengan selera orang Indonesia, restoran yang satu ini menyediakan menu makanan dengan tingkat kepedasan yang berbeda – beda. Bahkan makanan di sini memiliki harga yang bersahabat. Selain itu, pilihan menunya yang beragam bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan selera Anda.
  9. Kira Kira Ginza Di sini menyajikan berbagai jenis hidangan Jepang yang sangat bervariasi. Mulai dari Katsudon, Omurice, hingga Teriyaki. Namun menu andalan di sini adalah Okonomiyaki dan Takoyaki. Untuk Okonomiyaki sendiri memiliki isian pork beef cincang dan sayuran yang disiram dengan mayonnaise dan saus okonomiyaki.
  10. Akira back  Di mana restoran jepang ini menyajikan masakan Jepang yang eksklusif dipadukan dengan gaya modern. Restoran yang terletak di gedung MD Place ini, menyajikan pelayanan yang sangat ramah dan spesial. Beberapa menu makanan di sini sangat segar dan berkualitas tinggi. Di tambah lagi dengan harganya yang terjangkau. Salah satu menu andalannya yakni Chef’s Selection Sushi Plater yang memiliki isian nigiri dan tuna roll yang pedas.
BACA  Kuliner Jepang, Apakah Bento Itu ?

Dalam arti sempit, masakan Jepang mengacu pada berbagai berbagai jenis makanan yang khas Jepang. Makanan yang sudah sejak lama dan secara turun temurun dimakan orang Jepang, tetapi tidak khas Jepang tidak bisa disebut makanan Jepang. Makanan seperti gyudon atau nikujaga merupakan contoh makanan Jepang karena menggunakan bumbu khas Jepang seperti shōyu, dashi dan mirin. Makanan yang dijual rumah makan Jepang seperti penjual soba dan warung makan kappō juga disebut makanan Jepang. Makanan yang mengandung daging sapi sering dianggap bukan masakan Jepang karena kebiasaan makan daging baru dimulai sejak Restorasi Meiji sekitar 130 tahun lalu. Menurut orang di luar Jepang, berbagai masakan dari daging sapi seperti sukiyaki dan gyudon juga termasuk makanan Jepang. Dalam arti luas, bila masakan yang dibuat dari bahan makanan yang baru dikenal orang Jepang ikut digolongkan sebagai makanan Jepang, maka definisi masakan Jepang adalah makanan yang dimasak dengan bumbu khas Jepang.

Masakan Jepang sering merupakan perpaduan dari berbagai bahan makanan dan masakan dari berbagai negara. Parutan lobak yang dicampur saus sewaktu memakan bistik atau hamburg steak, dan salad dengan dressing parutan lobak merupakan contoh perpaduan makanan Barat dengan penyedap khas Jepang. Saus spaghetti yang dicampur mentaiko, tarako, natto, daun shiso atau umeboshi merupakan contoh makanan Barat yang dinikmati bersama bahan makanan yang memiliki rasa yang sudah akrab dengan lidah orang Jepang. Bistik dengan parutan lobak sebenarnya tidak dapat disebut sebagai makanan Jepang melainkan bistik ala Jepang (wafū steak). Berdasarkan aturan ini, istilah wafū (和風 ala Jepang) digunakan untuk menyebut makanan yang lazim ditemukan dan dimakan di Jepang, tetapi dimasak dengan cara memasak dari luar Jepang.

Berdasarkan aturan wafū, beberapa jenis makanan sulit digolongkan sebagai makanan Jepang karena merupakan campuran antara makanan Jepang dan makanan asing:

  • Makanan Barat yang dicampur bahan makanan yang unik Jepang, seperti sarada udon (salad adalah makanan Barat tetapi dicampur udon yang khas Jepang), kari, dan anpan (roti berasal dari Barat berisi ogura yang khas Jepang).
  • Makanan khas Jepang yang berasal dari luar negeri tetapi dibuat dengan resep yang sudah diubah sesuai selera lokal, seperti ramen dan gyōza.
  • Makanan yang berdasarkan bahan dan cara memasak sulit diputuskan harus dimasukkan ke dalam kategori makanan Barat atau makanan Jepang, misalnya pork ginger dan butashōgayaki keduanya menunjuk pada makanan yang sama.
BACA  Kuliner Jepang Favorit Tempura, Gurih dan Nikmat

Sebagian besar ahli kuliner berpendapat masakan Jepang mudah sekali dibedakan dari masakan negara tetangga seperti masakan Korea dan masakan Cina. Walaupun demikian, sejumlah makanan Korea juga mendapat pengaruh dari masakan Jepang. Di Korea juga dikenal kimbab (futomakizushi), sup miso, dan takuan (asinan lobak) yang merupakan makanan khas Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *