KLIK KULINER

12 Kuliner Nasi Masakan Thaliand Yang Paling Favorit

Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas. Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India.

Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India. Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai. Masakan yang mulanya berasal dari Cina, misalnya: jok, kwetiau rad na, khao kha moo (moo pa-loh), bamii (mi kuah), dan khao mun gai

Bumbu dan rempah-rempah dipakai dalam keadaan segar (bukan rempah-rempah kering). Di antara bumbu-bumbu yang umum dalam masakan Thai adalah cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan (nam pla), jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi (kapi), gula jawa, dan asam jawa

12 Kuliner Nasi Masakan Thaliand Yang Paling Favorit

Nama Thai Aksara Thai Nama Indonesia Jenis Masakan
1 Chok โจ๊ก Bubur nasi Berasal dari daratan Cina, ini adalah bubur nasi dengan ayam cincang atau daging babi. Dapat dicampur telur sebagai pilihan dengan bubur tersebut.
2 Khao kan chin Masakan Tai Yai (Orang Shan) dari Myanmar dan utara Thailand, masakan ini adalah nasi yang dicampur dengan darah babi dan dikukus didalam sehelai daun pisang. Khao kan chin disajikan dengan mentimun, bawang dan cabe goreng, kering.[1]
3 Khao kha mu Nasi kukus disajikan dengan irisan kaki babi yang telah direbus dalam kecap dan bubuk lima rempah-rempah. Selalu disajikan dengan saus pedas manis untuk dicelup, cabe mata burung segar dan beberapa siung bawang putih disamping. Telur rebus dan kaldu yang jelas di samping adalah opsional.
4 Khao khai chiao Telur dadar dengan nasi Sebuah makanan ringan cepat atau sarapan, ini adalah telur dadar dengan nasi putih, sering dimakan dengan sambal dan ketimun.
5 Khao khluk kapi Nasi goreng dengan terasi Nasi digoreng dengan terasi dan disajikan dengan daging babi manis, mangga asam, udang goreng, cabai dan bawang.
6 Khao man kai Nasi ayam Thai Beras dikukus dengan bawang putih disajikan dengan irisan ayam, kaldu ayam dan saus pedas.
7 Khao mu krop mu daeng Irisan mu krop (babi renyah) dan mu daeng (babi panggang merah) disajikan di atas nasi, dan sering ditutupi dengan kedelai dan lengket / atau saus tiram-saus berbasis. Sangat sering, bawang sup bening, telur rebus, mentimun, dan musim semi disajikan di samping. Irisan cabe dalam cuka hitam Cina dan kecap gelap disediakan sebagai bumbu untuk hidangan ini.
8 Khao na pet Bebek panggang merah pada nasi Rebusan nasi dengan bebek panggang dan kaldu bebek di samping. Disajikan dengan kecap cabe iris tipis sebagai bumbu.
9 Khao niao Nasi Ketan Khao niao isecara tradisional dimakan hanya menggunakan tangan kanan. Ini adalah makanan pokok di Utara dan Timur Laut Thailand.
10 Khao phat Nasi goreng Thai Nasi goreng di Thailand dapat dibuat dengan bahan yang berbeda seperti ayam, babi, telur, tahu dan udang. Biasanya disajikan dengan jeruk nipis segar, ketimun, bawang dan nam pla phrik (cabai saus ikan).
11 Khao phat Amerikan Nasi goreng Amerika Nasi goreng Amerika adalah nasi goreng dengan tomat iris, sosis, dan sering juga kismis.
12 Khao tom Sup beras Thai Beras yang direbus dalam kaldu ringan, biasanya dengan babi atau ayam cincang. Hidangan ini paling sering dimakan untuk sarapan pagi.
BACA  Makanan Ringan dan Jajanan masakan thailand Paling Terkenal

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *