KLIK KULINER

APAKAH ITU KOPI DALGONA ? CARA MEMBUAT DAN KONSEP BISNISNYA .

Ketika minuman kopi lagi ngetrend dimana mana, mengapa Kopi Dalgona menjadi buruan para penikmat kopi. Kopi dalgona adalah minuman yang dibuat dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air panas dengan jumlah perbandingan yang sama. Campuran itu kemudian dikocok sehingga menjadi krim dan kemudian ditambahkan ke susu dingin atau panas.Sebagai hiasan, pada bagian atasnya dapat juga ditambahkan dengan kopi instan, coklat, biskuit yang sudah dihancurkan, atau madu sesuai dengan selera anda. Kopi dalgona hanya dapat dibuat dengan menggunakan kopi instan, tidak bisa menggunakan kopi bubuk. Ini karena kopi bubuk tidak dapat membuat topping padat dan berbusa seperti yang diinginkan.

Dalgona coffee sebelumnya sempat viral yang berawal dari Korea Selatan, beralih ke media sosial sampai mendunia. Warga Indonesia pun tak ketinggalan penasaran bagaimana cara membuat dalgona coffee. Berbagai teknik dicoba demi menghasilkan kopi dalgona yang mengembang sempurna.

Awalnya minuman ini berasal dari daerah Rajasthan, India. Di daerah tersebut minuman ini juga dikenal sebagai kopi kocok atau kopi krim. Minuman ini menjadi viral di media sosial ketika Jung Il-woo, seorang aktor Korea Selatan mengunjungi sebuah restoran di Makau dan di sana ia disajikan sebuah minuman yang mengingatkannya pada “permen dalgona”, salah satu jenis permen di Korea. Minuman ini kemudian juga ditampilkan pada salah satu acara TV Korea Selatan yang berjudul “Stars Top Recipe at Fun-Staurant”

Permen dalgona yang asli dibuat dengan menggunakan gula dan soda kue. Bentuk permen ini mirip seperti permen lolipop dan hingga saat ini masih dijual di berbagai daerah wisata di Korea Selatan. Konon, jika kita berhasil makan permen tersebut tanpa merusak bentuknya maka kita akan mendapatkan satu permen lagi secara gratis dari penjualnya.

BACA  6 Daftar Kuliner Minuman Tradisional Favorit dari Betawi Paling Endolll

Kopi dalgona buatan rumah mulai menyebar di saluran YouTube Korea Selatan dengan menggunakan tagar #dalgonacoffeechallenge sebelum akhirnya menyebar juga melalui TikTok .

Kopi krim menjadi populer dengan sebutan “kopi dalgona” selama pandemi coronavirus 2019-2020. Ketika itu banyak pemerintah memulai kampanye untuk mempromosikan isolasi dan menjaga jarak

Nama Kopi dalgona berasal dari tekstur kopi yang lembut dan seperti toffee yang ketika dikocok menjadi busa. Selama periode karantina, terjadi lonjakan minat yang dikaitkan dengan efek ASMR yang menenangkan seperti menonton video online DIY.[10] Di India sendiri kopi dalgona telah tersedia secara luas selama beberapa tahun. Pada awalnya kopi seperti ini dikenal sebagai “Kopi Phenti Hui” atau “Beaten Coffee”. Satu-satunya perbedaan adalah ketika membuat Phenti Hui, susu dituangkan di atas campuran krim bukan meletakkan krim di atas susu.

Resep dalgona coffee

Bahan

  • 2 sdm kopi instan murni tanpa ampas
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • 100 ml susu full cream
  • Alat Sendok takar atau sendok makan Piring plastik Saringan stainless steel ukuran kecil Gelas transparan

Cara membuat dalgona coffee tanpa mixer

  1. Masukkan kopi instan, gula pasir, dan air panas. Aduk memutar pakai saringan. Pastikan saringan mengenai dasar piring plastik agar proses mengaduk lebih mudah dan foam kopi terbentuk dengan sempurna.
  2. Aduk terus sampai foam mulai padat. Proses mengaduk bisa memakan waktu 3-6 menit tergantung kecepatan tangan. Semakin lama mengaduk, tekstur foam akan lebih padat.
  3. Pada gelas, tuang susu full cream. Tidak usah sampai penuh, cukup 3/4 gelas. Masukkan foam kopi ke atas susu.
  4. Lakukan perlahan, jangan sampai foam tenggelam. Kalau foam sampai tenggelam, berarti teksturnya kurang padat
  5. Sajikan dalgona coffee dengan pancake manis.
BACA  20 Minuman Tradisonal Paling Favorit Versi Klik kuliner

Tips bikin dalgona coffee

  1. Rasa dalgona coffee dari resep di atas cukup pahit, bahkan setelah dicampur dengan susu. Kamu bisa mengurangi takaran kopi instan atau gunakan jenis arabika.
  2. Jangan pakai kopi instan yang sudah bercampur gula atau krimer. Dibutuhkan kopi instan murni supaya terbentuk foam kopi dengan sempurna.  kopi instan yang lebih menyerap air jadi nantinya bisa terbentuk foam mengembang sempurna.

TIPS BISNIS CAFEE ATAU KEDAI KOPI BAGI PEMULA

  1. Lokasi bisnis. Tips utama para pebisnis yang 1 hingga nomor 3 adalah lokasi, lokasi dan lokasi. Lokasi demikian penting bagi bisnis karena menentukan suksesnya bisnis apapun
  2. Perhitungkan modal mencukupi Untuk bisnis kedai kopi, kamu bisa memulainya dengan Rp1 juta saja. Namun, hal itu tergantung dari kebutuhan apa saja ketika kamu mau membuka kedai kopi. Satu hal yang harus kamu perhatikan, bisnis kopi ini sebenarnya hanya butuh kopi dan air panas saja. Kalau sebelumnya kamu susah mempunyai tempat, maka kamu bisa menggunakan alat racik manual yang sederhana. Sehingga, dengan modal Rp1 juta saja sudah bisa memulai bisnis kopi. Bisa juga modalnya lebih dan lebih banyak lagi tergantung jenis usaha, lokasi dan taerget sasarannya
  3. Tentukan sasaran konsumen Target konsumen pakah kalangan pemuda, mahasiswa, orang dewasa, masyarakat kelas bawah, kelas menengah, kelas atas, campuran, dan lain-lain. Setelah baru direncanakan berapa harga yang pantas kamu tawarkan untuk kopi-kopi yang dijual, berapa penghasilannya, apa pendapat mereka tentang cita rasa kopi, apa pekerjaan mereka, serta bagaimana konsep kedai kopi kamu.
  4. Tentukan supplier kopi yang baik dan benar Bila target konsumen kamu adalah kelas menengah ke bawah. cari supplier dengan mudah di pasaran. Jika target konsumen kelas menengah ke atas yang lebih mementingkan cita rasa daripada harga, maka kamu harus mencari supplier kopi dengan kualitas yang baik, dan tidak cukup dengan kopi bubuk instan yang dijual di pasaran saja. Karena itu, carilah supplier kopi yang bisa memberikan kualitas baik dengan harga yang cocok, dan pastinya bisa dipercaya dan diajak kerja sama.
  5. Konsep bisnis Buatlah konsep yang bisa membantu menarik banyak konsumen. Yang harus kamu perhatikan, konsep yang kamu gunakan dalam membuka kedai kopi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Misalnya, kamu mengusung konsep moderen tapi sederhana, maka menu kopi yang disediakan juga harus sesuai dengan konsep yang dibangun. Gunakan konsep yang mengedepankan adat dan budaya daerah, maka semuanya harus benar-benar menggunakan suasana adat daerah. Dengan begitu, apapun konsep yang kamu gunakan, maka kamu tetap harus mengedepankan kenyamanan. Karena, kebanyakan orang mau menikmati kopi di kafe atau kedai saat bersantai dan suasana yang nyaman.
  6. Promosi bisnis Caranya bisa dari mulut ke mulut, membuat review kedai kopi kamu hingga memanfaatkan sosial media. Jangan lupa beri diskon untuk momen-momen tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *