KLIK KULINER

Makanan Ringan dan Jajanan masakan thailand Paling Terkenal

Ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas. Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India.

Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Nenek moyang mereka datang dari anak benua India lebih dari dua ribu tahun lampau sehingga masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India. Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai. Masakan yang mulanya berasal dari Cina, misalnya: jok, kwetiau rad na, khao kha moo (moo pa-loh), bamii (mi kuah), dan khao mun gai

Bumbu dan rempah-rempah dipakai dalam keadaan segar (bukan rempah-rempah kering). Di antara bumbu-bumbu yang umum dalam masakan Thai adalah cabai rawit, cabai merah, santan, kecap ikan (nam pla), jahe, bawang putih, bawang merah, daun ketumbar, serai, terasi (kapi), gula jawa, dan asam jawa

Makanan Ringan dan Jajanan masakan thailand Paling Terkenal

Nama Thai Nama Indonesia Keterangan
Kaep mu Kerupuk kulit babi Kulit daging babi yang digoreng renyah, sering dimakan dengan nam phrik num.
Miang kham Udang kering dan bahan lainnya terbungkus dalam daun cha plu (Thai: ช้าพลู).
Sate Sate Bagian Selatan Daging sapi, ayam atau sapi yang direndam bumbu dan dipanggang pada tusuk sate bambu dan biasanya disajikan dengan nam chim sate (saus kacang).
Thot man pla Kue ikan Kue ikan cincang yang digoreng kering dicampur dengan pasta kari merah, kacang panjang cincang halus (tua fak yao), dan irisan halus daun jeruk purut (bai makrut).
Thot man kung Kue kepiting Kue kepiting yang digoreng kering dicampur dengan pasta kari merah, kacang panjang cincang halus (tua fak yao), dan irisan halus daun jeruk purut (bai makrut).
Thung thong Tas uang Kantong kue-kue goreng yang kecil, renyah diisi dengan ramuan krim keju. or with minced chicken, corn, and snow peas, and served with Thai sweet chilli sauce
BACA  10 Kuliner Mi Masakan Thailand Paling Favorit

Nama Thai Nama Indonesia Keterangan
Chao kuai Cincau Cincau ini dibuat dari tumbuhan dari famili mentha. Hidangan ini sering disajikan dengan hanya es serut dan gula merah.
Khanom bua loi Akar taro dicampur dengan tepung menjadi bola dan dihidangkan dalam santan.
Khanom chan Tepung ketan dengan rasa pandan yang berlapis-lapis dicampur dengan santan.
Khanom mo kaeng Puding panggang manis yang mengandung santan, telur, gula aren dan tepung, ditaburi dengan bawang goreng manis.
Khanom tan Kue mini dengan rasa aren disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.
Khanom thuai talai Jeli kelapa manis yang direbut dan krim.
Khanom wun Hidangan ini adalah makanan penutup yang dibuat dengan bahan agar. Warnanya mewakili rasa yang berbeda.
Khao niao mamuang Mangga dengan ketan Beras ketan yang dimasak dengan santan kental manis, disajikan dengan irisan mangga matang.
Lot chong nam kathi Mi tepung beras rasa pandan dalam susu kelapa manis, mirip dengan cendol dari Indonesia .
Ruammit Makanan ringan manis / hidangan penutup dengan campuran bahan, seperti kastanya yang bertutup tepung, nangka, akar teratai, tapioka, dan lot chong, dalam santan manis.
Sangkhaya fak thong Telur dan puding susu manis kelapa, mirip dengan selai kelapa dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina, disajikan dengan labu.
Tako Puding kelapa beraroma melati yang dihidangkan dalam cangkir daun pandan wangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *