KLIK KULINER

1000 Dimsum Makanan Kanton Paling Favorit

Dimsum (hanyU, dianxin) adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah “makanan ringan”. Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau sarsi. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin. Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha

 

Dim sum  adalah berbagai macam hidangan kecil yang secara tradisional dinikmati orang Kanton di restoran untuk sarapan dan makan siang. Kota Guangzhou mengalami peningkatan perjalanan komersial pada abad kesepuluh  dan para pelancong berhenti di kedai teh untuk sering makan makanan dalam porsi kecil dengan teh yang disebut yum cha, atau makanan “minum teh”.  Yum cha secara harfiah diterjemahkan sebagai “satu cangkir, dua potong”. Ini mengacu pada kebiasaan melayani pelanggan kedai teh dua potong makanan yang dibuat dengan hati-hati, gurih atau manis, untuk melengkapi teh mereka.

Dim sum dan diterjemahkan secara harfiah menjadi “menyentuh hati”. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan makanan kecil yang menyertai minum teh.
Pemilik kedai teh akhirnya menambahkan berbagai makanan ringan, yang disebut dim sum, dan praktik minum teh dengan dim sum ini akhirnya berkembang menjadi yum cha modern.  Budaya dim sum Kanton berkembang pesat selama paruh kedua abad kesembilan belas di Guangzhou. Dim sum Kanton awalnya dibuat dari makanan lokal. Saat dim sum terus berkembang, koki memperkenalkan pengaruh dan tradisi dari daerah lain di Cina dan ini adalah awal dari variasi luas dim sum.

Ada lebih dari seribu hidangan dim sum yang tersedia.  Dim sum Kanton memiliki variasi rasa, tekstur, gaya memasak, dan bahan yang sangat beragam.  Dim sum dapat dikategorikan menjadi item biasa, persembahan musiman, spesial mingguan, hidangan perjamuan, hidangan liburan, hidangan khas rumah, ramah perjalanan, serta makanan untuk sarapan, makan siang, dan camilan larut malam.

Restoran dim sum biasanya memiliki berbagai macam hidangan, biasanya beberapa lusin. Teh sangat penting dan sama pentingnya dengan makanan. Banyak restoran Kanton mulai menyajikan dim sum sejak pukul lima pagi, sementara restoran yang lebih tradisional biasanya menyajikan dim sum hingga sore hari. Restoran dim sum memiliki metode penyajian yang unik di mana server menawarkan hidangan kepada pelanggan dari gerobak yang dipanaskan dengan uap. Sekarang sudah menjadi hal yang biasa bagi restoran untuk menyajikan dim sum pada waktu makan malam dan menjual berbagai jenis dim sum a la carte untuk dibawa pulang.

Selain dim sum tradisional, beberapa koki juga membuat dan menyiapkan hidangan dim sum berbasis fusi baru. Ada variasi yang dirancang untuk daya tarik visual di media sosial, seperti pangsit dan roti yang dibuat menyerupai binatang, juga ada. Koki dim sum menciptakan hidangan inovatif sambil menghormati sejarah dim sum.

BACA  Resep Rahasia Leluhur: Dimsum Ayam Jamur, Dimsum Paling Favorit

Ada lebih dari seribu hidangan dim sum yang tersedia dan biasanya dimakan sebagai sarapan atau makan siang.  Dim sum Kanton memiliki variasi rasa, tekstur, gaya memasak, dan bahan yang sangat beragam. [8] Dim sum dapat dikategorikan menjadi item biasa, persembahan musiman, spesial mingguan, hidangan perjamuan, hidangan liburan, hidangan khas rumah, ramah perjalanan, serta makanan untuk sarapan, makan siang, dan camilan larut malam.

Ukuran porsi dim sum sebagian dipengaruhi oleh iklim subtropis di kuadran tenggara Guangdong. [8] Iklim subtropis dapat menyebabkan penurunan nafsu makan [49] dan orang lebih suka makan makanan berskala kecil sepanjang hari daripada makan tiga kali dalam porsi besar. [8] Kedai teh di Guangzhou menyajikan “tiga teh dan dua kali makan”, termasuk makan siang dan makan malam, serta sarapan, teh sore, dan malam dengan dim sum. [8]

Banyak hidangan dim sum terbuat dari makanan laut, daging cincang, atau sayuran yang dibungkus dengan adonan atau pembungkus tipis dan dikukus, digoreng, atau ditumis. Sarapan siang dim sum tradisional mencakup berbagai jenis roti kukus, seperti cha siu bao (roti kukus berisi daging babi barbekyu), nasi atau pangsit gandum, dan mie gulung yang berisi berbagai bahan, termasuk daging sapi, ayam, babi, udang, dan pilihan vegetarian. Banyak restoran dim sum juga menawarkan sepiring sayuran hijau kukus, terong isi, paprika hijau isi, daging panggang, bubur, dan sup lainnya.  Dessert dim sum juga tersedia dan dapat dipesan kapan saja karena tidak ada urutan makanan yang ditentukan.

Merupakan kebiasaan untuk memesan “gaya keluarga”, berbagi hidangan kecil yang terdiri dari tiga atau empat potong dim sum di antara semua anggota pesta makan. Porsi kecil memungkinkan orang untuk mencoba berbagai macam makanan.

Restoran dim sum biasanya memiliki berbagai macam hidangan, biasanya beberapa lusin.

Pangsit

  • Teochew pangsit ( cháozhōu fěnguǒ; Chìu jāu fán gwó): pangsit kukus dengan kacang tanah, bawang putih, daun bawang, babi, udang kering, dan jamur Cina.
  • Pangsit lokio: pangsit kukus dengan kucai
  • Xiaolongbao (xiǎolóngbāo; síu lùhng bāau): pangsit yang mengandung kaldu yang kaya dan diisi dengan daging atau makanan laut.
    Guotie (guōtiē; wōtip): pangsit goreng, biasanya dengan isian daging dan kubis.
  • Shaomai (shāomài; sīu máai): pangsit kukus dengan daging babi dan udang, biasanya diakhiri dengan telur kepiting dan jamur.
  • Pangsit talas (yù jiǎo; wuh gok): pangsit goreng yang dibuat dengan talas tumbuk dan diisi dengan jamur potong dadu, udang dan babi. [65]
  • Haam Seui Gok (xiánshuǐ jiǎo; hàahm séui gok): pangsit goreng dengan isian daging babi yang agak gurih dan sayuran cincang dalam balutan manis dan lengket.
  • Sup pangsit (guàntāng jiǎo; guntōng gáau): sup dengan satu atau dua pangsit besar.
BACA  6 Jenis Mi atau Bakmi China Yang Ciamik

Gulungan

  • Lumpia (chūnjuǎn; chēun gyún): roti gulung yang digoreng dengan berbagai irisan sayuran (seperti wortel, kubis, jamur dan jamur kuping kayu) dan terkadang daging.
  • Gulungan kulit tahu (fǔpíjuǎn; fuh pèih gyún): gulungan yang terbuat dari kulit tahu yang diisi dengan berbagai daging dan irisan sayuran. [69]
  • Gulungan bambu segar: gulungan yang terbuat dari kulit tahu yang diisi dengan daging babi cincang dan rebung, biasanya disajikan dengan kaldu saus tiram.
  • Ayam gulung empat harta: roti gulung yang terbuat dari kulit tahu berisi ayam, ham Jinhua, perut ikan , dan jamur Cina.
  • Gulungan bihun (腸粉; chángfěn; chéungfán): bihun kukus dengan atau tanpa isian daging atau sayuran. Isi yang populer termasuk daging sapi, adonan goreng, udang, dan babi panggang. Sering disajikan dengan kecap manis.
  • Zhaliang (jaléung): bihun kukus yang digulung mengelilingi youjagwai , biasanya disiram dengan kecap, saus hoisin, atau pasta wijen dan ditaburi dengan biji wijen.

BUN

  • Roti sapi panggang: roti isi daging sapi panggang yang dikukus menjadi putih dan lembut.chāshāo cān bāo; chāsīu chāan bāau adalah varian yang dilapisi glasir dan dipanggang untuk penampilan keemasan.
  • Roti krim manis (nǎihuáng bāo; náaih wòhng bāau): roti kukus dengan isian puding susu.
  • Roti pasta teratai : bakpao kukus dengan isian pasta biji teratai.
  • Roti nanas (bōluó bāo; bōlòh bāau): roti gulung biasanya manis yang tidak mengandung nanas tetapi memiliki tekstur topping seperti kulit nanas.
    kue

Kue lobak

  • Kue lobak (uóbo gāo; lòh baahk gōu): puding yang dibuat dari campuran lobak putih parut, potongan udang kering, sosis Cina, dan jamur yang dikukus, diiris, dan digoreng.
  • Kue talas (yùtou gāo; wuh táu gōu): puding yang terbuat dari talas. [81]
  • Kue kastanye air (mǎtí gāo; máh tàih gōu): puding yang terbuat dari kastanye air renyah; beberapa restoran juga menyajikan variasi yang dibuat dengan jus bambu.

Daging

  • Bakso kukus (niúròu wán; ngàuh yuhk yún): bakso kukus disajikan di atas kulit tahu tipis.
  • Cakar Phoenix fèngzhuǎ; fuhng jáau): digoreng, direbus, dan kemudian kaki ayam dikukus dengan douchi. “White Cloud Phoenix Claws” (báiyún fèngzhuǎ; baahk wàhn fuhng jáau) adalah versi kukus biasa.
  • Spare rib (páigǔ; pàaih gwāt): iga babi kukus dengan douchi dan terkadang bawang putih dan cabai.
  • Kulit sapi dan lobak : kulit sapi dan lobak direbus dan dikukus.
  • Tendon daging sapi
  • Babat sapi retikulum
  • Babat sapi Omasum
  • Isi perut sapi (potongan isi perut sapi seperti babat, pankreas, usus, limpa, dan paru-paru disajikan dalam semangkuk kaldu induk. [92]
  • Siu mei (shāowèi; sīuméi): daging barbekyu gaya Hong Kong yang dipanggang dalam oven. Varietas populer termasuk char siu, siu ngo , siu aap (Cina), ayam potong putih (ayam kecap dan siu yuk ).
  • Sayap ayam : digoreng (Tionghoa: 炸雞 翼) [94] atau direndam dalam kecap dan rempah-rempah
BACA  Inilah 8 Masakan China Yang Legendaris

makanan laut

  • Cumi goreng zhàyóuyúxū; ja yàuh yùh sōu): mirip dengan cumi goreng, cumi adonan digoreng.
  • Curry cumi : cumi-cumi disajikan dalam kaldu kari.
    Sayur-mayur

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *