KLIK KULINER

Resep Rahasia Keluarga Membuat Pie Susu Teflon, Lezat dan Cantik Tidak Gosong

Pai susu adalah sebuah pastri hidangan penutup tradisional Indonesia yang terbuat dari kue pastri yang diisi dengan kustar telur serta susu kental manis. Pastri tersebut sangat datar dengan isian hanya terdiri dari satu lapisan kustar yang sangat tipis. Asal pastri tersebut berasal dari Bali.Pai susu memiliki bentuk yang mirip dengan pastel de nata dari Portugal

Pastei atau Pai (bahasa Belanda: pastei; bahasa Inggris: pie) adalah makanan yang terdiri dari kulit kue kering dan isi yang beraneka ragam. Isi pastei dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, kustar, kacang, dan lain-lain. Pastei yang berisi buah biasanya berupa cairan kental yang dimaniskan mirip selai atau dipotong-potong dadu lalu dipanggang bersamaan dengan kulit pasteinya.

Pastei buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pastei daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan kuah kental (gravy). Hidangan khas Adelaide adalah pastei apung (pie floater).

Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Berbeda dengan pastei pada umumnya, pie susu berukuran lebih kecil serta pinggirannya cenderung tipis dan kering sehingga dapat awet dalam waktu 5 hari dalam suhu ruangan. Di bagian tengah pie biasanya ditambahkan krim kuning atau selai.

Ciri khas
Ciri-ciri yang membuat pie berbeda dengan kue lainnya, antara lain:

  • Pie pasti memiliki kulit yang terbuat dari jenis biji-bijian, gandum, beras, kreker atau kue remah.
  • Pie dipanggang dalam proses pembuatannya. Pastei tidak digoreng, ataupun direbus dan dikukus.
  • Kulit Pieyang dipanggang tersebut diletakkan/dicetak di sebuah wadah yang biasanya berbentuk bundar atau persegi panjang. Wadah tersebut terbuat dari bahan metal ataupun kaca yang tahan panas.
  • Di Amerika Serikat, pastei memiliki semacam kerak yang rapuh di bagian bawahnya.
  • Pie yang berisi kustar biasanya dihiasi dengan potongan buah di bagian atasnya.
    Isian pastei biasanya memiliki rasa manis. Pastei yang memiliki rasa gurih dikenal sebagai quiche
BACA  Resep Rahasia Leluhur: Dimsum Ayam Jamur, Dimsum Paling Favorit

Bahan-bahan untuk 8 porsi

Kulit Pie :

  1. 10 sdm tepung terigu atau 200 gr tepung terigu
  2. 5 sdm mentega atau  100 gr margarin
  3. 1 butir kuning telur
  4. 1 sdm maizena

Vla Susu :

  1. 2 butir kuning telur
  2. 10 sdm air
  3. 14 sdm susu kental manis
  4. 2 sdm tepung maizena
  5. 1/2 sdt garam
  6. secukupnya keju (boleh skip)

CARA MEMBUAT

  1. Membuat kulit pie dengan mencampurkan semua bahan kulit pie, uleni hingga kalis, campurkan tepung dengan margarin, aduk rata. Masukkan telur dan maizena. Pipihkan diatas teflon, dengan ketebelan merata, tusuk2 dengan garpu. sisihkan. Aduk rata, uleni hingga kalis. Diamkan.
  2. Panggang Kulit pie selama 3 menit.
  3. Untuk fla, larutkan maizena dengan air, tuang kental manis, gula dan kuning telur. Aduk rata. Masukkan vanili bubuk dan aduk merata lagi. Campurkan bahan isi vla, gunakan saringan agar vla lembut.
  4. Tutup dan tunggu sampai matang, masak dengan api kecil *waktu memasak -+ 1 1/2 jam
  5. Siapkan teflon, oles dengan margarin merata. Gilas adonan hingga selebar teflon. Tata di teflon membentuk mangku atau sesuai bentuk teflon. Tusuk-tusuk dasarnya dengan garpu. Tuang adonan fla.
  6. Jika kulit pie sudah kering (cek pinggiran pie) atau kulit pie sudah tidak nempel di teflon dan permukaan vla sudah mengeras, tiriskan.
  7. Tutup teflon dan masak dengan api sangat kecil. Jika tak ingin adonan kulitnya cepat gosong, tumpuk dua tatakan kompor. Karena apinya harus kecil agar tak gosong butuh waktu lebih lama dan lharus lebih sabar
  8. Jika permukaan pie sudah mengeras atau padat, tanda sudah matang. Pie susu teflon siap dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *