KLIK KULINER

Resep Rahasia Leluhur: Dimsum Ayam Jamur, Dimsum Paling Favorit

Dimsum (hanyU, dianxin) adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah “makanan ringan”. Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau sarsi. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin. Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha

Dim sum  adalah berbagai macam hidangan kecil yang secara tradisional dinikmati orang Kanton di restoran untuk sarapan dan makan siang. Kota Guangzhou mengalami peningkatan perjalanan komersial pada abad kesepuluh  dan para pelancong berhenti di kedai teh untuk sering makan makanan dalam porsi kecil dengan teh yang disebut yum cha, atau makanan “minum teh”.  Yum cha secara harfiah diterjemahkan sebagai “satu cangkir, dua potong”. Ini mengacu pada kebiasaan melayani pelanggan kedai teh dua potong makanan yang dibuat dengan hati-hati, gurih atau manis, untuk melengkapi teh mereka.

Dim sum dan diterjemahkan secara harfiah menjadi “menyentuh hati”. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan makanan kecil yang menyertai minum teh.
Pemilik kedai teh akhirnya menambahkan berbagai makanan ringan, yang disebut dim sum, dan praktik minum teh dengan dim sum ini akhirnya berkembang menjadi yum cha modern.  Budaya dim sum Kanton berkembang pesat selama paruh kedua abad kesembilan belas di Guangzhou. Dim sum Kanton awalnya dibuat dari makanan lokal. Saat dim sum terus berkembang, koki memperkenalkan pengaruh dan tradisi dari daerah lain di Cina dan ini adalah awal dari variasi luas dim sum.

Ada lebih dari seribu hidangan dim sum yang tersedia.  Dim sum Kanton memiliki variasi rasa, tekstur, gaya memasak, dan bahan yang sangat beragam.  Dim sum dapat dikategorikan menjadi item biasa, persembahan musiman, spesial mingguan, hidangan perjamuan, hidangan liburan, hidangan khas rumah, ramah perjalanan, serta makanan untuk sarapan, makan siang, dan camilan larut malam.

BACA  Resep Rahasia Keluarga Membuat Pie Susu Teflon, Lezat dan Cantik Tidak Gosong

Restoran dim sum biasanya memiliki berbagai macam hidangan, biasanya beberapa lusin. Teh sangat penting dan sama pentingnya dengan makanan. Banyak restoran Kanton mulai menyajikan dim sum sejak pukul lima pagi, sementara restoran yang lebih tradisional biasanya menyajikan dim sum hingga sore hari. Restoran dim sum memiliki metode penyajian yang unik di mana server menawarkan hidangan kepada pelanggan dari gerobak yang dipanaskan dengan uap. Sekarang sudah menjadi hal yang biasa bagi restoran untuk menyajikan dim sum pada waktu makan malam dan menjual berbagai jenis dim sum a la carte untuk dibawa pulang.

Resep Rahasia Leluhur: Dimsum Ayam Jamur, Dimsum Paling Favorit

Bahan:

  • 1 bungkus kulit gyoza/pangsit.
  • 250 gr ayam giling.
  • 1 mangkuk jamur kuping.
  • 3 sdm kecap ikan.
  • 6 sdm minyak wijen.
  • 1 sdt lada bubuk.
  • 1 sdt bumbu penyedap rasa.
  • 3 sdm tepung maizena.

Cara masak:

  1. Panaskan terlebih dahulu alat pengukus.
  2. Ambil wadah kemudian campurkan, ayam, jamur dan bumbu-bumbu. Aduk hingga rata, masukkan kecap ikan dan minyak wijen.
  3. Kemudian ambil kulit gyoza yang sudah diolesi minyak wijen. Bentuk adonan dimsum sesuai selera, kemudian masukkan ke dalam kukusan selama 12-15 menit.
  4. Dimsum siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *